MENYELESAIKAN
PEKERJAAN
Melakukan Review atas Peristiwa
Kemudian
Tanggung jawab auditor untuk
menilai kewajaran laporan keuangan klien tidak terbatas pada pemeriksaan atas
peristiwa dan transaksi yang terjadi hingga tanggal neraca. AU 560, Subsequent
Events, menyatakan bahwa auditor juga mempunyai tanggung jawab spesifik atas
peristiwa dan transaksi yang :
- mempunyai pengaruh material terhadap laporan keuangan
- terjadi sesudah tanggal neraca tetapi sebelum penerbitan laporan keuangan serta laporan auditor
Auditor
harus mengidentifikasi dan mengevaluasi peristiwa kemudian sampai tanggal
laporan auditor, yang biasanya merupakan akhir dari pekerjaan lapangan.
Tanggung jawab ini dapat dilaksanakan dalam dua cara berikut :
- Mewaspadai peristiwa kemudian dalam melaksanakan pengujian substantif akhir tahun seperti pengujian pisah batas dan mencari kewajiban yang belum tercatat
- Melaksanakan prosedur audit yang ditetapkan dalam AU 560.12
Membaca Notulen Rapat
Notulen rapat pemegang saham,
dewan komisaris, dan subkomitenya, seperti komite keuangan dan komite audit,
dapat memuat hal-hal yang mempunyai signifikansi audit. Pembacaan notulen rapat
biasanya dilakukan segera setelah hal itu tersedia, guna memberikan auditor
kesempatan maksimum untuk menilai signifikansi auditnya. Pembacaan notulen
rapat oleh auditor harus didokumentasikan dalam kertas kerja.
Mendapatkan Bukti Mengenai
Litigasi, Klaim, dan Penilaian
- Pertimbangan audit
SAS 12
(AU 337.04) menyatakan bahwa auditor harus mendapatkan bukti-bukti tentang :
-
Eksistensi
kondisi, situasi, atau serangkaian situasi yang menunjukan ketidakpastian
mengenai kemungkinan terjadinya kerugian pada suatu entitas dari litigasi,
klaim, penilaian (LCA)
-
Periode
dimana penyebab yang mendasari tindakan hukum terjadi
-
Tingkat
probabilitas hasil yang tidak menguntungkan
-
Jumlah
atau rentang kerugian yang potensial
- Surat pertanyaan audit
AU
337.08 menunjukkan bahwa surat
pertanyaan audit kepada ahli hukum klien merupakan sarana utama bagi auditor
untuk mendapatkan informasi pendukung tentang LCA yang diserahkan oleh
manajemen.
- Pengaruh jawaban terhadap laporan auditor
Jawaban
ahli hukum mungkin tidak mempunyai pengaruh terhadap laporan auditor. Yaitu,
auditor dapat mengeluarkan suatu laporan standar dengan pendapat wajar tanpa
pengecualian.
Mendapatkan Surat Representasi Klien
Auditor diwajibkan untuk
mendapatkan representasi tertulis tertentu dari manajemen dalam memenuhi sandar
ketiga pekerjaan lapangan. Hal ini dapat dicapai melalui surat
representasi manajemen, yang umumnya dikenal sebagai surat rep. AU 333 menjelaskan bahwa
representasi merupakan bagian dari barang bukti tetapi bukan pengganti
penerapan prosedur audit yang diperlukan untuk mendapatkan dasar yang layak
atas suatu pendapat. Surat
representasi itu harus mencakup representasi mengenai :
-
Laporan
keuangan
-
Kelengkapan
informasi
-
Pengakuan,
pengukuran, dan pengungkapan
-
Peristiwa
kemudian
Melaksanakan Prosedur Analitis
Prosedur analitis disyaratkan
dalam penyelesaian audit sebagai review keseluruhan atas laporan keuangan. SAS
56 (AU 329.22) menyatakan bahwa tujuan dari review keseluruhan adalah untuk
membantu auditor menilai kesimpulan yang dicapai dalam audit dan dalam
mengevaluasi penyajian laporan keuangan secara keseluruhan. Berbagai prosedur
analitis dapat digunakan. Prosedur itu harus :
- Diterapkan pada bidang-bidang audit yang kritis yang diidentifikasi selama audit
- Didasarkan atas laporan keuangan sesudah semua penyesuaian dan reklasifikasi audit telah diakui
MENGEVALUASI
TEMUAN
Membuat Penilaian Akhir tentang
Materialitas dan Risiko Audit
Prasyarat yang esensial dalam
memutuskan suatu pendapat yang akan dikeluarkan adalah penilaian akhir atas
materialitas dan risiko audit. Titik tolak untuk melakukan proses ini adalah menjumlahkan
salah saji-salah saji yang ditemukan ketika memeriksa semua akun yang belum
dikoreksi oleh klien. Penentuan auditor atas salah saji dalam suatu akun dapat
mencakup komponen berikut :
- Salah saji yang belum dikoreksi yang secara spesifik diidentifikasi melalui pengujian substantive atas rincian transaksi dan saldo
- Proyeksi salah saji yang belum dikoreksi yang diestimasi melalui teknik sampling audit
- Estimasi salah saji yang dideteksi melalui prosedur analitis dan dikuantifikasi oleh prosedur audit lainnya
Mengevaluasi Going Concern
(Kelanjutan Usaha)
AU 341 menetapkan tanggung
jawab auditor untuk mengevaluasi apakah ada keraguan yang substansial tentang
kemampuan klien untuk mempertahankan kelanjutan usahanya selama suatu periode
waktu yang layak, yaitu tidak melebihi satu tahun di luar tanggal laporan
keuangan yang sedang diaudit. Biasanya, informasi yang akan menimbulkan
keraguan yang substansial tentang asumsi kelanjutan usaha berkaitan dengan
ketidakmampuan entitas untuk terus memenuhi kewajibannya ketika jatuh tempo
tanpa diposisi aktiva yang besar di luar arah bisnis yang biasa,
merestrukturisasi hutang, merevisi operasinya yang dipaksa dari luar, atau
melakukan tindakan yang serupa.
Melakukan Review Teknis atas
Laporan Keuangan
Sebelum mengeluarkan laporan
audit atas klien yang merupakan perusahaan terbuka, review teknis juga harus
dilakukan atas laporan itu oleh partner yang bukan anggota tim audit. Daftar
periksa tersebut mencakup hal-hal yang berkenaan dengan bentuk dan isi dari
masing-masing laporan keuangan dasar termasuk pengungkapan yang
disyaratkan.
Merumuskan Pendapat dan Membuat
Naskah Laporan Audit
Dalam penyelesaian audit,
auditor perlu memisahkan temuan-temuan dengan mengikhtisarkan dan
mengevaluasinya untuk tujuan menyatakan pendapat atas laporan keuangan secara
keseluruhan. Tanggung jawab akhir atas langkah-langkah ini terletak pada
partner yang melakukan penugasan itu. Sebelum mengambil keputusan akhir tentang
pendapat, biasanya diadakan suatu konferensi dengan klien. Pada pertemuan ini,
auditor melaporkan semua temuannya secara lisan dan berusaha memberikan dasar
pemikiran untuk melakukan penyesuaian yang diusulkan dan / atau pengungkapan
tambahan.
Melakukan Review Akhir atas
Kertas Kerja
Review ini dilakukan untuk mengevaluasi
pekerjaan yang dilakukan, bukti yang diperoleh, dan kesimpulan yang dibuat oleh
penyusun kertas kerja. Review tambahan atas kertas kerja dapat dilakukan pada
akhir pekerjaan lapangan oleh anggota tim audit. Tingkatan review yang dapat
dilakukan dalam penyelesaian audit yaitu :
- Manajer, mereview kertas kerja yang disiapkan oleh auditor senior dan mereview beberapa atau semua kertas kerja yang direview oleh auditor
- Partner yang bertanggung jawab atas penugasan, mereview kertas kerja yang disiapkan oleh manajer dan mereview kertas kerja lainnya atas dasar selektif
BERKOMUNIKASI
DENGAN KLIEN
Mengkomunikasikan Hal-hal
tentang Struktur Pengendalian Internal
AU 325 mempersyaratkan auditor
untuk menyampaikan kondisi-kondisi yang dapat dilaporkan, yang didefinisikan
sebagai hal yang merupakan kekurangan yang signifikan dalam perancangan atau
operasi pengendalian internal, yang dapat berpengaruh buruk terhadap kemampuan
organisasi untuk mencatat, memproses, mengikhtisarkan, dan melaporkan data
keuangan yang konsisten dengan asersi manajemen dalam laporan keuangan.
AU 325.11 menyatakan bahwa
setiap laporan yang diterbitkan mengenai kondisi yang dapat dilaporkan harus :
- Menunjukkan bahwa tujuan audit adalah melaporkan tentang laporan keuangan dan bukan memberikan kepastian tentang pengendalian internal
- Menyertakan definisi tentang kondisi yang dapat dilaporkan
- Menyertakan pembatasan pembagian
Mengkomunikasikan Hal-hal yang
Bersangkutan dengan Pelaksanaan Audit
AU 380 mempersyaratkan auditor
untuk menyampaikan hal-hal tertentu berkenaan dengan pelaksanaan audit kepada
mereka yang bertanggung jawab mengawasi proses pelaporan keuangan. AU 380.06-14
menyatakan bahwa komunikasi dengan komite audit dapat mencakup hal-hal berikut
:
- Tanggung jawab auditor menurut GAAS
- Kebijakan akuntansi yang signifikan
- Pertimbangan auditor tentang mutu prinsip akuntansi entitas
- Pertimbangan manajemen dan estimasi akuntansi
- Penyesuaian audit yang signifikan
- Ketidak sepakatan dengan manajemen
- Konsultasi dengan akuntan lain
- Masalah penting yang dibahas dengan manajemen sebelum penarikan diri
- Kesulitan yang dihadapi dalam pelaksanaan audit
Menyiapkan Surat Manajemen
Ketika menyelesaikan suatu
audit, banyak auditor menganggap bermanfaat untuk menulis surat
kepada manajemen, yang dikenal sebagai surat
manajemen, yang memuat rekomendasi yang tidak termasuk dalam komunikasi yang
disyaratkan dengan komite audit. Surat
manajemen dapat mencakup komentar tentang :
- Hal-hal yang berkaitan dengan pengendalian internal yang tidak dipertimbangkan sebagai kondisi yang dapat dilaporkan
- Rekomendasi mengenai pengelolaan sumber daya dan jasa bernilai tambah yang tercatat selama audit
- Hal-hal yang bersangkutan dengan pajak
TANGGUNG
JAWAB SETELAH AUDIT
Peristiwa Kemudian Di Antara
Tanggal Neraca dan Penerbitan Laporan
SAS 1 (AU 530) menyatakan bahwa
auditor tidak mempunyai tanggung jawab untuk mengajukan pertanyaan atau
melaksanakan suatu prosedur audit apapun selama periode waktu antara akhir
pekerjaan lapangan dan penerbitan laporan audit guna menemukan peristiwa
kemudian yang material.
Penemuan Fakta yang Ada pada Tanggal Laporan
Auditor tidak mempunyai
tanggung jawab untuk menemukan fakta yang ada setelah audit pada laporan
keuangan. Namun, SAS 1 (AU 561.04), menunjukkan bahwa juka (1) auditor menyadari
adanya fakta tersebut dan (2) fakta itu mungkin mempengaruhi laporan yang telah
dikeluarkan, maka auditor diwajibkan untuk memastikan reliabilitas informasi
itu.
Penemuan Prosedur yang
Dihilangkan
Ketika menemukan suatu prosedur
yang telah dihilangkan, auditor harus menilai kepentingan hal itu bagi
kepentingan hal itu bagi kemampuannya saat ini untuk mendukung pendapat yang
dinyatakan atas laporan keuangan. AU 390.05 menunjukkan jika auditor memutuskan
bahwa pendapatnya tidak dapat didukung dan ia yakin bahwa orang-orang saat ini
mengandalkan pada laporan itu, maka auditor harus segera melaksanakan prosedur
yang dihilangkan atau prosedur alternative yang akan memberikan dasar yang
memuaskan atas pendapatnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar