Jumat, 07 Oktober 2011

STUDI KELAYAKAN BISNIS - ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

Share it Please



Tujuan Perusahaan dalam Pemasaran
Tujuan perusahaan memproduksi atau memasarkan suatu produk, baik perusahaan dagang ataupun jasa selalu berpatokan kepada apa yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut. Tujuan perusahaan dalam memasarkan produknya ini dapat bersifat jangka pendek atau jangka panjang.


Tujuan kegiatan pemasaran suatu produk atau jasa secara khusus:
1.       untuk meningkatkan penjualan dan laba
2.       untuk menguasai pasar
3.       untuk mengurangi saingan
4.       untuk menaikkan prestise produk tertentu dipasaran
5.       untuk memenuhi permintaan pihak-pihak tertentu

Tujuan kegiatan pemasaran suatu produk atau jasa secara umum:
1.       memaksimumkan konsumsi
2.       memaksimumkan kepuasan konsumen
3.       memaksimumkan pilihan
4.       memaksimumkan mutu hidup
5.       meningkatkan penjualan dan jasa
6.       ingin menguasai pasar dan menghadapi pesaing
7.       memenuhi kebutuhan akan suatu produk maupun jasa
8.       memenuhi keinginan para pelanggan akan suatu produk atau jasa

Pengertian Pasar dan Pemasaran
Pasar secara sederhana dapat diartikan sebagai tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Pengertian lebih luas tentang pasar adalah himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk.
Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan suatu barang atau jasa adalah harga barang itu sendiri, harga barang lain yang memiliki hubungan, pendapatan, selera, jumlah penduduk, dan faktor khusus.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran suatu barang atau jasa adalah harga barang itu sendiri, harga barang lain yang memiliki hubungan, teknologi, harga input, tujuan perusahaan, faktor khusus.
Usaha untuk melakukan pemasaran tidak terlepas dari struktur pasar. Oleh karena itu pengenalan struktur pasar yang ada mutlak diperlukan sebelum produk tersebut diluncurkan.

Adapan jenis struktur pasar yang ada dapat dikelompokkan ke dalam:

1.   pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana terdapat sejumlah besar penjual dan pembeli, sehingga tindakan penjual secara individu tidak dapat mempengaruhi harga barang di pasar.

2.     Pasar persaingan monopolistic adalah suatu pasar dimana terdapat banyak penjual atau perusahaan dan mempunyai ukuran-ukuran yang relative sama besarnya.

3.       Pasar oligopoly adalah sebuah struktur pasar yang hanya terdapat sedikit penjual.

4.       Pasar monopoli adalah struktur pasar dimana hanya terdapat satu penjual saja.


Pengertian Pemasaran, Philip Kotler:
Suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan  dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.

Dalam prakteknya kelompok pasar terdiri dari:
1.  Pasar konsumen adalah pasar dimana individu dan rumah tangga dapat membeli/memperoleh barang dan jasa untuk konsumsi sendiri.

2.    Pasar industrial adalah dimana pihak-pihak yang membeli barang dan jasa digunakan kembali untuk menghasilkan barang dan jasa lain atau disewakan kepada pihak lain untuk mengambil untung.

3.    Pasar reseller adalah suatu pasar yang terdiri dari individu dan organisasi yang melakukan penjualan kembali barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan.

4.  Pasar pemerintah adalah yang terdiri dari unit-unit pemerintah yang membeli atau menyewa barang dan jasa untuk melaksanakan fungsi utama pemerintah.

Segmentasi Pasar, Pasar Sasaran dan Posisi Pasar

Segmentasi pasar artinya membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin memerlukan produk atau marketing mix yang berbeda pula.

Berikut variabel utama untuk melakukan segmentasi pasar konsumen menurut Philips kotler adalah sebagai berikut:
·         Segmentasi berdasarkan geografik terdiri dari: bangsa, provinsi, kabupaten, kecamatan, iklim.

·      Segmentasi berdasarkan demografik terdiri dari: umur, jenis kelamin, ukuran keluarga, daur hidup keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, kebangsaan.

·         Segmentasi berdasarkan psikografik terdiri dari: kelas sosial, gaya hidup, karakteristik kepribadian.

·         Segmentasi berdasarkan prilaku terdiri dari: pengetahuan, sikap, kegunaan, tanggap terhadap suatu produk.


Variabel utama untuk melakukan segmentasi pasar industrial adalah sebagai berikut:
·         Segmentasi  berdasarkan demografik terdiri dari: jenis industry, besar perusahaan, lokasi perusahaan.
·         Karakteristik pengoprasian terdiri dari: teknologi yang difokuskan, status pengguna, kemampuan pelanggan.

·    Pendekatan pembeli terdiri dari: organisasi berfungsi pembeli, sifat hubungan yang ada, struktur kekuatan, kebijakan pembelian umum, criteria.

·         Karakteristik personil industri terdiri dari: kesamaan pembeli, sikap terhadap resiko, kesetiaan.

·         Faktor situasional terdiri dari: urgensi, pengguna khusus, besarnya pesanan.


Menetapkan Pasar Sasaran

Pengertian secara umum adalah mengevaluasi  keaktifan setiap segmen, kemudian  memilih salah satu dari segmen pasar atau lebih dilayani. Dengan cara mengembangkan ukuran-ukuran dan daya tarik segmen kemudian memilih segmen sasaran yang diinginkan.

Kegiatan menetapkan pasar sasaran meliputi:
1.       Evaluasi segmen pasar
a.        Ukuran dan pertumbuhan segmen.
b.       Struktur segmen yang menarik dilihat dari segi profitabilitas.
c.        Sasaran dan sumber daya perusahaan.

2.      Memilih segmen
a.        Pemasaran serba sama
b.       Pemasaran serba aneka
c.        Pemasaran serba terpadu


Menentukan Posisi Pasar
Yaitu menentukan posisi yang kompetitif untuk produk atau suatu pasar. Strategi penentuan posisi pasar terdiri dari: atas dasar atribut, kesempatan penggunaan, menurut kelas pengguna, langsung menghadapi pesaing, kelas produk.
Memilih dan melaksanakan strategi penentuan posisi pasar:

§  Identifikasikan keunggulan kompetitif yang mungkin memberikan nilai yang terbesar dengan cara mengadakan perbedaan, yaitu: diferensiasi produk, diferensiasi jasa, diferensiasi personil, diferensiasi citra.

§  Memilih keunggulan kompetitif yang tepat.
·         Berapa banyak perbedaan dipromosikan
·         Perbedaan mana yang dipromosikan

§  Mewujudkan dan mengkomunikasikan posisi dipilih.


Peramalan Di Masa Yang Akan Datang

Pengertian Peramalan
Peramalan atau prediksi merupakan kegiatan untuk memperkirakan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang pada saat sekarang. Hal ini dilakukan sebab kejadian dimasa dating penuh dengan berbagai ketidak pastian.
Jenis-jenis peramalan:
1.       Jika dilihat dari segi penyusunan:
a.        Peramalan subjektif, merupakan peramalan yang didasarkan atas dasar perasaan atau feeling dari seorang yang menyusunnya.
b.       Peramalan objektif, merupakan peramalan yang didasarkan atas data dan informasi yang ada, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik atau metode tertentu.

2.       Dilihat dari segi sifat ramalan:
a.        Peramalan kualitatif, merupakan peramalan yang didasarkan atas data kualitatif dan biasanya peramalan ini didasarkan kepada hasil penyelidikan.
b.       Peramalan kuantitatif, merupakan peramalan yang didasarkan atas data-data kuantitatif masa lalu.

3.       Dilihat dari segi jangka waktu:
a.        Peramalan jangka pendek, merupakan peramalan yang didasarkan pada waktu kurang dari 1 tahun.
b.       Peramalan jangka panjang, merupakan peramalan yang didasarkan pada waktu lebih dari 1 tahun.

Langkah-Langkah Peramalan: Mengumpulkan data, Mengolah data, Menentukan metode peramalan, Memproyeksi data, Mengambil keputusan.


Jenis-Jenis Metode Peramalan

1.       Time series atau deret waktu
Analisis time series merupakan hubungan antara variabel yang dicari dengan variabel yang mempengaruhinya, yang dikaitkan dengan waktu. Metode peramalan ini terdiri dari:
a.        Metode smoothing
b.       Metode box Jenkins
c.        Metode proyeksi trend dengan regresi

2.      Casual methods atau sebab akibat
Merupakan metode peramalan yang didasarkan kepada hubungan antara variabel yang diperkirakan dengan variabel lain yang mempengaruhinya tetapi bukan waktu. Jenis metode peramalan ini terdiri dari:
a.        Model regresi dan kolerasi
b.       Model input output
c.        Model ekonometri 

Metode Regresi
Merupakan salah satu metode ramalan yang disusun atas dasar pola data masa lalu. Jenis-jenis data yang ada dilapangan sebagai berikut: musiman, horizontal, siklus, trend. Dalam menyusun ramalan pada dasarnya ada dua macam analisis yang dapat digunakan yaitu: time series dan cusal method. Ada dua pendekatan untuk melakukan peramalan dengan menggunakan analisis deret waktu dengan metode regresi sederhana yaitu: analisis deret waktu untuk regresi sederhana linier, dan analisis deret waktu untuk regresi sederhana yang non linier.


Strategi Marketing Mix

Strategi Produk
Strategi produk yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengembangkan suatu produk adalah sebagai berikut:
1.        
Penentuan logo dan moto
a.        Harus memiliki arti
b.       Harus menaruk perhatian
c.        Harus mudah diingat
2.     
  Menciptakan merek
3.      
Menciptakan kemasan
4.      
Keputusan label


Strategi Harga

Tujuan penentuan harga secara umum adalah sebagai berikut: untuk bertahan hidup, untuk memaksimalkan laba, untuk memperbesar market share, mutu produk, karena pesaing.

Terdapat beberapa metode dalam penentuan suatu harga produk antara lain:

1.       Memodifikasi harga atau diskriminasi harga dapat dilakukan:
a.        Menurut pelanggan
b.       Menurut bentuk produk
c.        Menurut tempat
d.       Menurut waktu

2.       Penetapan harga untuk produk baru
a.        Market skimming pricing
b.       Market penetration pricing

Metode penetapan harga
a.        Cost plus pricing
b.       Cost plus pricing dengan mark up
c.        Break even pricing
d.       Perceived value pricing


Strategi Lokasi dan Distribusi

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan dan penentuan lokasi: dekat dengan kawasan industry, dekat dengan lokasi perkantoran, dekat dengan lokasi pasar, dekat dengan pusat pemerintahan, dekat dengan lokasi perumahan atau masyarakat, mempertimbangkan jumlah pesaing yang ada disuatu lokasi, sarana dan prasarana.

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk lay-out gedung: bentuk gedung, lokasi dan luas aman, keamanan disekitar gedung, tersedia tempat ibadah, tersedia fasilitas telepon umum atau internet dan lain-lain.


Strategi Distribusi
Faktor yang mempengaruhi strategi distribusi: pertimbangan pembeli atau faktor pasar, karakteristik produk, faktor produsen atau pertimbangan pengawasan dan keuangan.
Fungsi saluran distribusi: fungsi transaksi, fungsi logistic, fungsi fasilitas.

Strategi Promosi
Sarana promosi yang dapat digunakan: periklanan, promosi penjual, publisitas, penjualan pribadi.


Cara Mengestimasi Pasar

Untuk mengetahui besarnya pasar nyata, pasar potensial dan total pasar dalam suatu wilayah perlu dilakukan penelitian terlebih dahulu. Penelitian dilakukan untuk memperoleh data, baik dengan metode yang relevan seperti melalui survey, kuesioner, atau dengan mengumpulkan data sekunder dari berbagai sumber. Kemudian untuk mengetahui pasar nyata dan pasar potensial dapat digunakan beberapa metode antara lain dengan metode pendapat, metode eksperimen, dan metode survei.

Referensi: Kasmir, SE, MM & Jakfar, SE, MM ; Studi Kelayakan Bisnis ; Jakarta: Kencana  2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Calendar