Selasa, 08 November 2011

Pusat Tanggung Jawab: Pusat Pendapatan dan Beban

Share it Please


-      Pusat Tanggung Jawab
Pusat tanggung jawab merupakan organisasi yang dipimpin oleh seorang manajer yang bertanggung jawab terhadap aktivitas yang dilakukannya.
-      Sifat Pusat Tanggung Jawab
Pusat tanggung jawab memiliki guna mewujudkan cita-cita. Fungsi dari berbagai pusat tanggung jawab dalam perusahaan adalah untuk mengimplementasikan strategi tersebut. Organisasi merupakan sekumpulan pusat tanggung jawab, maka jika setiap pusat tanggung jawab telah memenuhi tujuannya maka cita-cita organisasi tersebut juga telah tercapai.

-      Hubungan antara Input dan Output
Disejumlah pusat tanggung jawab, hubungan antara input dan output bersifat timbal balik dan langsung, misalnya seperti di departemen produksi, input bahan baku menjadi bagian fisik dari barang jadi.
Adapun input yang tidak secara langsung berhubungan dengan output yang dihasilkan, misalnya biaya iklan.
-      Mengukur Input dan Output

Kuantitas fisik x harga per unit
 
Kebanyakan input yang digunakan oleh pusat tanggung jawab dapat dinyatakan dalam satuan-satuan kuantitas. Satuan kuantitas dapat diterjemahkan ke satuan moneter (uang). Nilai uang dari input dapat dihitung dengan:

                                                                                                          
            Jumlah moneter dari perhitungan tersebut dapat disebut biaya.
Biaya adalah suatu ukuran moneter dari jumlah sumber daya yang digunakan oleh suatu pusat tanggung jawab.
Pendapatan per tahun barangkali merupakan alat ukur penting atas output suatu organisasi yang berorientasi pada laba. Akan tetapi angka ini tidak menyatakan seluruh kinerja organisasi selama tahun tersebut.
-      Efisiensi dan Efektivitas
Efisiensi adalah rasio output terhadap input, atau jumlah output per unit input. Dianggap lebih efisien jika; (1) menggunakan jumlah sumber daya yang lebih sedikit daripada pusat tanggung jawab tersebut, (2) menggunakan jumlah sumber daya yang sama namun memproduksi jumlah output yang lebih besar.
Efektivitas ditentukan oleh hubungan antara output yang dihasilkan oleh suatu pusat tanggung jawab dengan tujuannya.
Secara ringkas, suatu pusat tanggung jawab akan bersifat efisien jika melakukan sesuatu dengan tepat, dan akan bersifat efektif jika melakukan hal-hal yang tepat.
-      Peranan Laba
Laba mengukur baik efektivitas maupun efisiensi.
-      Jenis-jenis Pusat Tanggung jawab
Ada empat pusat tanggung jawab, digolongkan menurut sifat input dan atau output moneter yang diukur untuk tujuan pengendalian: pusat pendapatan, pusat beban, pusat laba, dan pusat investasi.
Pusat Pendapatan
Di pusat pendapatan, suatu output (yaitu pendapatan) diukur secara moneter, akan tetapi tidak ada upaya formal yang dilakukan untuk mengaitkan input (yaitu beban atau biaya) dengan output.
Pusat Beban
Pusat beban adalah pusat tanggung jawab yang inputnya diukur secara moneter, namun outputnya tidak. Ada 2 jenis umum dari pusat beban, yaitu:
(1) Pusat beban / biaya teknik: biaya-biaya yang jumlahnya secara tepat dan memadai dapat diestimasi dengan keandalan yang wajar.
(2) Pusat beban / biaya kebijakan: biaya yang tidak tersedia estimasi tekniknya. Jenis-jenis utama dari pusat beban kebijakan adalah pusat administratif dan pendukung, pusat litbang, dan pusat pemasaran. Pengendalian teramat sukar dijalankan tehadap unit-unit litbang, agak sukar diterapkan dalam unit-unit pemasaran yang sesungguhnya dan agak mudah dijalankan di unit-unit administratif dan pendukung- namun tetap saja lebih problematis dibandingkan dengan unit-unit manufaktur.
Pusat Laba
Pusat Investasi

Ciri-ciri Pengendalian Umum
  • Penyusunan Anggaran, manajemen membuat keputusan anggaran umtuk pusat beban kebijakan yang terpisah dari pusat beban teknik
  • Variasi Biaya, biaya dalam pusat beban kebijakan cukup terlindung dari fluktuasi jangka pendek
  • Jenis Pengendalian Keuangan, tujuan utama dari pusat beban kebijakan adalah untuk mengendalikan biaya dengan mengikutsertakan para menajer guna berperan serta dalam perencanaan, bersama-sama mendiskusikan langkah apa yang akan diambil, dan tingkat usaha yang bagaimana yang tepat untuk masing-masing
  • Pengukuran Kinerja

   





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Followers

Calendar