Sabtu, 10 Desember 2011

Penipuan Melalui Email

Share it Please

Subject: Your Humanitarian Assistance!
NATIONS ASSISTED PROGRAM admin@un.org         Show detail: 18th October 2011

UNITED NATIONS ASSISTED PROGRAM
DIRECTORATE OF INTERNATIONAL PAYMENT AND
TRANSFERS. UNITED NATIONS
WIRE TRANSFER/AUDIT UNIT
Our Ref: WB/NF/UN/XX02011

Dear Sir/Madam?

How are you today? Hope all is well with you and family? You may not understand why this mail came to you. We have been having a meeting for the passed 3 months which ended 2 days ago with the UNITED NATIONS BOARD OF TRUSTEES AND AUDITORS with Board of Directors of WORLD BANK This email is to all the people that have been scammed in any part of the world, the UNITED NATIONS have agreed to compensate them with the sum of US$5.000,000,00 ( USD$5M )each.

This includes every foreign contractors that may have not received their contract sum, and people that have had an unfinished transaction or international businesses that failed due to Government problems etc. We found your name in our list and that is why we are contacting you, this have been agreed upon and have been signed.
You are advised to CONTACT : Jose Perez (THE FOREIGN REMITTANCE DIRECTOR) as he is our representative in Spain, contact him immediately for your (ATM Card) of USD$5.000,000,00.This funds are in a ATM master card for security purpose OK? So he will send it to you through Courier Services and you can use it in any ATM master card in any part of the country.

Therefore, you should send him your full Name and telephone number/your correct mailing address where you want him to send the ATM master card to you.

CONTACT PERSON:Jose Perez (THE FOREIGN REMITTANCE DIRECTOR E-mail:telexunit@b-santander.com
TEEPHONE: +34 632 685 816
FAX NUMBER: +34 911311763
BANK NAME: BANCO SANTANDER ESPANA MADRID SPAIN
CALLE SAN PEDRO DE MONTIHO.
28001 MADRID, SPAIN

Thanks and God bless you and your family. Hoping to hear from you as soon as you receive your ATM master card.
Making the world a better place,
MY BEST REGARDS.


Mrs. Maureen Carter
United Nation Secretary General for Humanitarian Affairs,
Emergency Relief Coordinator,




 1.  Modus pelaku penipuan disini yaitu dengan cara mengaku sebagai United Nation Secretary General for Humanitarian Affairs dan Emergency Relief Coordinator (menggunakan email palsu dan web site) yang bertujuan untuk memberikan bantuan kemanusiaan sebesar US $ 5.000,000,00 kepada semua orang yang telah scammed diberbagai dunia, sebelumnya melalui pertemuan UNITED NATIONS BOARD OF TRUSTEES AND AUDITORS dengan Board of Directors of WORLD BANK. Target sasarannya yaitu berhubungan dengan semua kontraktor asing yang belum menerima sejumlah kontrak mereka, dan orang-orang yang memiliki transaksi yang belum selesai atau bisnis internasional yang gagal karena kendala pemerintah dan faktor lainnya. Dengan jumlah uang yang begitu besar membuat seseorang tergiur sehingga tidak berfikir panjang dan tidak teliti apakah surat ini benar adanya.

Judul yang menarik mengundang rasa ingin tahu si pemilik email, agar tidak timbul kecurigaan maka pelaku beralasan mengirimkan pesan ini karena Nama dari pemilik email termasuk didalam daftar tersebut. Dengan  bentuk surat yang resmi (Nama instansi, Nama Pengirim dan ajabatan) ini makin meyakinkan si pemilik email untuk melakukan beberapa hal yang diistruksikan si pelaku setelah membaca surat ini. Didalam surat ini pelaku mengarahkan korbannya untuk menghubungi perwakilannya yang berada di spanyol (Jose Parez, THE FOREIGN REMITTANCE DIRECTOR) yang nantinya akan mengirimkan master card ATM yang berisi uang US $ 5.000,000,00 untuk alasan keamanan dengan pengiriman melalui jasa kurir. Tetapi korban diharuskan untuk mengirimkan Nama Lengkap dan Nomor Telepon atau Alamat surat yang benar. Pelaku menyertakan Contak Person (email,telepon,fax) dan Nama Bank agar korban merasa yakin dan memulai untuk mengirimkan data dirinya dan setelah apa yang diingikan pelaku terpenuhi atau modus pelaku telah diketahui terkadang nomer tersebut dalam beberapa saat sudah tidak dapat dihubungi lagi.

2.      Kemungkinan kerugian yang diderita oleh korban yang termakan oleh isi surat tersebut, misalnya Nama Lengkap yang dikirimkan dipergunakan pelaku untuk melakukan kejahatan-kejahatan lainnya yang dapat merusak nama baiknya, Alamat dan Nomer telepon menjadi sarana yang memudahkan pelaku mempengaruhi  korbannya atau memperdayai korbannya dengan bentuk kejahatan yang lainnya, dan jika benar ATM tersebut samapai ke tangan korban bisa saja itu hasil dari uang gelap yang pada akhirnya dapat memenjarakan korbannya. Dari semua itu korbanya bisa saja mengalami depresi yang sangat tinggi atau mungkin gila akibat kehilangan uang yang sangat banyak karena tertipu beberapa kali atau kehilangan uang  secara tiba-tiba dan mungkin beberapa faktor lainnya.

3.        Beberapa cara untuk mencegah kejahatan seperti ini

Jika anda menerima email seperti contoh yang dibahas ini coba perhatikan beberapa hal berikut :
  • Alamat Email pengirim pada kolom "Form"
Alamat email pengirim dari perusahaan / instansi menggunakan domain sendiri dan tidak mungkin menggunakan yang gratis.
  • Alamat Email tujuan pada kolom "To"
Jika alamat tujuan diisi dengan banyak alamat email atau bahkan kosong sama sekali, anda patut mencurigai email penipuan tersebut.
  • Kata-kata salah
Dalam beberapa email phising, terkadang kata-katanya sengaja dibuat salah untuk menghindari filter dari anti-spam.
  • Link yang diberikan pada email
Biasanya link pada email phising sengaja dibuat sangat mirip dengan alamat situs resminya. Perhatikan link dengan seksama, jika perintah diemail meminta anda memasukan username dan password, email tersebut adalah penipuan. Perusahaan yang resmi tidak meminta pengguna untuk login dengan cara demikian.
  • Salam yang terlalu umum
Misalnya, Halo, Pelanggan Yth tanpa menyebutkan nama,menunjukan email yang dikirim secara massal.

Beberapa tips berikut ini juga perlu diperhatikan jika anda ingin terbebas dari ancaman para penipu di internet:
  • Gunakan Aplikasi anti virus yang memberikan update secara teratur. Untuk anti virus yang mendukung biasanya memberikan peringatan jika terdapat pesan yang berbentuk spam.
  • Jangan memberi data pribadi di sembarang website.
  • Jangan men-download dari website yang mencurigakan.
  • Jangan sembarangan meng-klik link yang ada di dalam email. Link tersebut bisa jadi membawa anda ke website phising atau menginfeksi komputer anda dengan aplikasi berbahaya.
  • Jangan membuka lampiran dari pengirim yang tidak dikenal, lebih baik jika menghapusnya. Jangan terpancing dengan link "unsubscribe" dalam email spam. Link tersebut justru tidak akan mengurangi spam, tetapi akan membuat anda menerima lebih banyak spam atau terinfeksi malware.
  • Jangan terpancing dengan penawaran yang menggiurkan atau ancaman pemblokiran account.
·         Dengan menggunakan petunjuk yang disediakan oleh administrator, laporkan spam jika Anda memiliki pilihan untuk melakukannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Followers

Calendar