Jumat, 04 Mei 2012

TEKNOLOGI DAN PENELITIAN BISNIS

Share it Please



KEBUTUHAN INFORMASI BISNIS
Untuk menjalankan sebuah bisnis, diperlukan data yang berguna, tepat waktu, akurat, terpercaya, dan valid. Bila data dalam bentuk mentah dievaluasi, dianalisis, dan disatukan, informasi yang bermanfaatpun tersedia bagi manajer untuk membantu dalam membuat keputusan yang baik.
Metode-metode yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyatukan informasi dari lingkungan eksternal dan internal mmenjadi semakin canggih berkat cakupan luas teknologi, yang membuat penelitian yang tepat waktu dan efisien adalah penting bagi kelangsungan perusahaan.
TEKNOLOGI YANG BISA DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN BISNIS
1.       Internet
Internet ,yang merupakan jaringan computer global yang menghubungkan orang dan informasi, telah membuka kemungkinan yang sangat besar bagi kemajuan penelitian dan memperluas bisnis di seluruh dunia. Karena internet menghubungkan kita dengan seluruh dunia, keperluan data penelitian apapun dapat diperoleh dari setiap Negara melalui internet.
2.       Surat Elektronik
Internet juga memungkinkan pertukaran surat elektronik (electronic-mail/e-mail), yang sering digunakan dalam komunikasi bisnis, baik didalam maupun diluar perusahaan. E-mail merupakan cara yang sederhana dan efektif untuk meminta dan memperoleh data tentang berbagai topik dari dalam dan luar organisasi.
3.       Intranet
Intranet berkaitan dengan system internal organisasi, sedangkan internet dengan lingkungan disekitarnya. Intranet menghubungkan jaringan data internal perusahaan, tetapi mencegah pihak luar untuk mengakses. Intranet juga memfasilitasi pencarian data dari dalam perusahaan.
4.       Browser
Penggunaan internet tidak akan berlangsung tanpa fitur browser, yang membuka jalan bagi situs dan aplikasi Web. Peranti lunak browser memungkinkan pengguna nonteknis untuk mengkases dan mengurangi Web dengan mudah.
5.       Situs Web
Web merupakan alat komunikasi yang mudah dan banyak digunakan untuk menyampaikan ataupun bertukar informasi kepada siapapun yang membutuhkan.
BEBERAPA PERANTI LUNAK YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN BISNIS
Groupware, merupakan peranti lunak yang beroprasi pada sebuah jaringan sehingga sejumlah tim dapat bekerja dalam proyek bersama, dan peranti ini memungkinkan orang dari departemen yang berbeda untuk mengakses data bersama-sama.

Neural Network, didesain untuk menelusuri pola-pola dalam sekumpulan data dan mengambil kesimpula darinya.

CAM (computer-aided manufacturing) /CAD (computer aided design). CAM membantu seseorang untuk mendesai komponen manufaktur dan mengarahkan produksi produk. CAD menghasilkan dan menampilkan gambar-gambar rumit dengan presisi, memungkinkan eksperimentasi dengan desain yang berbeda.

Enterprise Resource Planning, memiliki kemampuan untuk menyediakan solusi komprehensif terhadap semua keperluan sebuah organisasi dalam pekerjaannya sehari-hari. Karena ERP memberikan dukungan lengkap bagi system pendukung eksekutif dan system informs manajemen, dan dapat bekerja dengan semua basis data saat ini yang dibangun pada platform berbeda.

Program Peranti Lunak Analisis Data, program peranti lunak yang tersedia untuk memperoleh, menyimpan, dan menganalisis data mentah yang dikumpulkan melalui survey.
APLIKASI TERBARU DALAM TEKNOLOGI
1)      Alat Elektronik Genggam (Handheld Device), alat yang mempermudah perolehan data dan analisis segera layaknya computer tetapi memiliki kekurangan untuk aplikasi web yang ekstensif karena ukuran dan keterbatasan kecepatannya.
2)      Teknologi Suara Interaktif, CD-ROM, dan Basis Data Relasional
3)      Digital Whiteboard
4)      Videokonfrensi Kelompok
5)      Realitas Virtual
6)      Menghubungkan PC ke Peralatan Elektronik
SISTEM INFORMASI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJERIAL
Data Warehousing, Data Mining, dan Riset Oprasi
Data Warehousing memiliki fungsi sebagai tempat pusat penyimpanan seluruh data yang diperoleh dari berbagai sumber yang berbeda. Data Warehousing dapat didefinisi sebagai proses mengekstrak, mentransfer, dan mengintegrasi data yang tersebar diberbagai basis data dan bahkan system operasi eksternal, dengan maksud mempermudah analisis dan pengambilan keputusan.
Sebagai pelengkap untuk fungsi Data Warehousing, banyak perusahaan bergantung pada data mining sebagai alat strategis untuk mencapai tingkatan baru dari inteligensi bisnis. Data mining lebih efektif mengungkit Data Warehousing dengan mengidentifikasi hubungan dan pola yang tersembunyi dalam data yang tersimpan didalamnya.
OR (operation research) atau MS (management sience)digunakan untuk menyederhanakan dan memperjelas jenis persoalan rumit tertentu yang harus dikualifikasi. OR menggunakan matematika dan statistic lanjutan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan pada akhirnya memecahkan masalah yang ada. OR menyediakan alat tambahan bagi manajer dengan menggunakan kuantifikasi untuk melengkapi penilaian pribadi. MIS, DSS, EIS dan ES merupakan bantuan pembuat keputusan yang baik tetapi tidak secara langsung berhubngan dengan pengumpulan data dan analisis data.
Singkatnya, system informasi yang baik mengumpulkan, menggali dan menyediakan cakupan informasi yang luas yang berkaitan dengan aspek lingkungan eksternal dan internal organisasi, dan harus dipastikan pula data dalam system informasi yang ada bebas dari kesalahan.
PENYIMPANAN DAN PENGAMANAN DATA
Penyimpanan Basis Data, data merupakan nyawa suatu perusahaan dan sebaiknya disimpan ditempat yang aman dan paling tidak data tersebut dibackup dan ditempatkan pula ditempat yang lain untuk menghindari musnahnya data yang ada.
Keamanan Data, banyak ancama yang terdapat pada system informasi mulai dari pembajakan, pencurian, perusakan data dan lain-lain yang mengakibatkan dampak serius bagi perusahaan. Untuk melindungi informasi dari berbagai ancaman tersebut maka diperlukannya keamanan untuk suatu data tersebut. Otentikasi, otorisasi, dan enkripsi adalah beberapa metodologi keamanan dasar yang dipakai untuk menghalangi orang yang tidak berhak mengakses dan mengiterpretasi data.
KEUNTUNGAN MANAJERIAL DARI KEMAJUAN TEKNOLOGI
Keuntungan manajerial dari kemajuan teknologi yaitu dalam hal memperoleh, menyimpan dan menganalisis informasi yang ada untuk mempermudah dalam pengambilan keputusan. Dalam melakukan komunikasi dan pelayanan melalui teknologi merupakan cara yang lebih ekonomis dan efektif dan banyak lagi keuntungan lainnya yang dapat diperoleh dalam penggunaan teknologi, walaupun demikian kita perlu memperhatikan tentang keamanan data tersebut.
ETIKA DALAM MENANGANI TEKNOLOGI INFORMASI
Dengan berbagai manfaat dan kemudahan yang diberikan oleh suatu teknologi informasi, teknologi juga membebankan kewajiban tertentu bagi penggunanya. Pertama, adalah penting bahwa privasi semua orang dilindungi. Dengan kata lain, perusahaan pun harus bisa menyeimbangkan kebutuhan informasi orang lain dengan hak individu yang berhubungan dengan mereka. Kedua, perusahaanpun perlu memastikan bahwa informasi rahasia yang berkaitan dengan individu dilindungi dan tidak bocor oleh pengguna lain yang tidak bertanggungjawab. Ketiga, perhatian harus diberikan untuk memastikan bahwa informasi yang tidak benar tidak didistribusikan. Keempat, mereka yang mencari data untuk perusahaan harus jujur, dapat dipercaya, berhati-hati dalam mengumpulkan dan merekam data. Tanggungjawab perusahaan terletak pada fakta bahwa teknologi harus berjalan seiringan dengan praktik etika yang diikuti oleh anggotanya saat mereka melakukan aktivitas bisnis sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Followers

Calendar